7 OS Pilihan Untuk Raspberry-Pi

Sekarang dipasaran lagi musim Box Mini-PC Raspi dengan harga yang teramat sangat menggiurkan, Anak sekolah SMP atau SMA jika sebulan saja bisa menabung dan menahan diri supaya tidak jajan sembarangan, hehehe.. saya rasa bisa kebeli 1 Box Mini-PC Raspi tanpa harus nodong orang tua.. :D

Di bawah, saya kasih referensi OS yang Renyah dan Gurih jika digoreng dengan Raspi:

Bodhi
Bodhi adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu untuk desktop yang menampilkan sisi termudah berkomputer ria seperti windows manager yang elegan dan ringan. Proyek yang mengintegrasi dan pra-konfigurasi terbaru membangun kemudahan langsung dari repositori pengembangan proyek, menawarkan modularitas, tingkat kustomisasi tinggi, dan pilihan tema segudang. Default sistem Bodhi sendiri sangat ringan, satu-satunya aplikasi pra-instal adalah Midori, LXTerminal, EFM (Enlightenment File Manager), Leafpad dan Synaptic. lebih banyak lagi tersedia dan mudah dipasang melalui AppCenter, sebuah perangkat lunak berbasis web instalasi.

GeeXboX
GeeXboX adalah media center gratis dan open-source berorientasi distribusi Linux untuk perangkat embedded dan komputer desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi dengan fitur lengkap yang dapat di-boot dari live CD, Flashdisk USB, kartu SD / MMC atau dapat diinstal pada regular hard disk drive. Distribusi GeeXboX sangat ringan dan dirancang untuk menanamkan semua aplikasi multimedia utama dalam rangka untuk mengubah komputer menjadi komputer pribadi home theater. Proyek GeeXboX adalah sebuah organisasi non-komersial yang didirikan pada tahun 2002.

Pidora
Pidora adalah distribusi software Linux untuk komputer Raspberry Pi. Ini berisi paket perangkat lunak dari proyek Fedora dikompilasi untuk arsitektur ARMv6 digunakan pada Raspberry Pi, paket yang telah secara khusus ditulis untuk atau dimodifikasi untuk Raspberry Pi, dan perangkat lunak yang disediakan oleh Raspberry Pi Foundation untuk akses perangkat.

Raspbian
Raspbian adalah sistem operasi bebas berbasis Debian GNU / Linux dan dioptimalkan untuk perangkat keras Raspberry Pi (arsitektur prosesor armhf). Raspbian dilengkapi dengan lebih dari 35.000 paket, atau perangkat lunak pre-compiled paket dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi pada Raspberry Pi. Awal di rilis sejak Juni 2012, menjadi distribusi yang terus aktif dikembangkan dengan penekanan pada peningkatan stabilitas dan kinerja sebanyak mungkin. Meskipun Debian menghasilkan distribusi untuk arsitektur lengan, Raspbian hanya kompatibel dengan versi yang lebih baru dari yang digunakan pada Raspberry Pi (ARMv7 CPU-A dan vs Raspberry Pi ARMv6 CPU yang lebih tinggi).

Raspbmc
Raspbmc adalah distribusi Linux minimal berbasis Debian yang membawa software XBMC media center ke komputer Raspberry Pi. Perangkat ini memiliki faktor bentuk yang sangat baik dan kekuatan yang cukup untuk menangani pemutaran media, menjadikan sebuah komponen yang ideal dalam program pengaturan HTPC (Home Theatre Personal Computer), sesuatu yang berbeda akan anda temui disini.

RaspyFi
RaspyFi adalah distribusi Linux berbasis Debian yang dibuat khusus untuk Raspberry Pi. Hal ini bertujuan untuk sepenuhnya mengintegrasikan Music Player, sebuah open-source server pemutar musik berbasis Debian, saat ini hanya mengoptimalkan untuk pemutaran musik Audiophile menjadi lebih berkualitas saja. RaspyFi juga memudahkan untuk memainkan playlist musik langsung dari perangkat penyimpanan USB atau dari Network Attached Storage dan juga memungkinkan pengguna untuk mendengarkan stasiun radio berbasis web dari Spotify, Last.fm dan SoundCloud.

RISC OS Open
RISC OS adalah sistem operasi komputer awalnya dirancang oleh Acorn Computers Ltd di Cambridge, Inggris pada tahun 1987. RISC OS secara khusus dirancang untuk berjalan pada chipset ARM, dan Acorn telah dirancang secara bersamaan untuk digunakan dalam lini baru dari komputer pribadi Archimedes. Sesuai dengan namanya RISC (reduced instruction set computing) arsitektur yang didukung. Cepat, kompak dan efisien, RISC OS dikembangkan dan diuji oleh komunitas setia pengembang dan penggunanya. RISC OS bukanlah versi Linux, dan tidak ada sangkut-paut dengan Windows, dan memiliki sejumlah fitur unik dan aspek desain yang elegan.

*BSD, ARCH, ANDROID, SLACK, dan SUSE menyusul..
  1. bang kejam ini postingan banyak gambarnya :D | sampe2 loadingnya lola, pas saya cek gambarnya dengan open picture in new tab, eh pemirsa uploadnya dengan gambar kualitas tinggi juga besar :D

    berarti di upload kesininya memang gede tapi ukuranya di kecilin. mendingan dikecilin dulu sama abang :D

    contoh pake photoscape biar para pengunjung kagak keleletan mampir dimari hehe. btw saya pake speedy 512kbps lho :D tetep lelet :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kompi saya kok ringan banget ya? :-)

      Hapus
    2. Sepakat jeung komen nu di luhur.. abot mang.

      Hapus
  2. wah,, keren keren ya gan 8-)

    BalasHapus