Banyak Bule Keliaran Di Indonesia - Butuh Komentar

Tahun 2002 ketika saya masih mondok di Garut, pernah saya mendengar sedikit obrolan seorang tua yang bercerita soal ramalan akhir zaman, diantara ramalan yang paling saya ingat sampai saat ini adalah perihal keutuhan negara kita, si tua bilang "kelak kekacauan di negeri ini akan ditandai oleh datangnya badai hitam yang muncul dari laut kidul, yang mana badai itu datang di giring oleh jutaan banteng bule." 
Sering saya memikirkan ucapan si tua ini, dan yang terfikir oleh saya adalah bule-bule Australia yang kebetulan berada di sebelah selatan lautan kita, hmmm...



Apa pendapat teman-teman blogger soal semakin banyaknya pihak asing yang ikut nimbrung campur tangan ngotak-ngatik Indonesia..? dan apa pendapat teman-teman soal banyaknya bule yang keliaran di kota-kota besar di indonesia..? dan semakin banyaknya tayangan televisi yang bawa-bawa bule, coba beri komentar disini..
  1. Bukannya memang seperti itu siklusnya yah kang?

    Kalau ikut campur masalah politik sih, sepertinya memang dari dulu Indonesia seperti itu.
    Kalau kebudayaan, gak bisa dipungkiri budaya kita memang terlalu banyak dan beragam sehingga menarik minat orang-orang luar.

    Yah, ini masih PR untuk kita semua.

    BalasHapus
  2. ya gimana lagi.. kadang kita sendiri tidak bangga dengan budaya sendiri, baru teriak2 kesetanan kalau budayanya di embat orang, sementara banyak orang bule yg makin tertarik budaya indonesia lha kok malah orang indonesia malah gandrung sama Lady gaga..!!. jan uedan tenan kang!!

    padahal budaya Indonesia poll bagusnya, lihat aja musik degung dan kecapi suling bagiku lebih indah dari musiknya Vangelis, tari saman lebih bagus dari tari break dan, tarian papua gak kalah dari hip-hop, wayang orang berisi filosofi2... apa coba yang kurang..?? yo emboh pikiren dewe...

    BalasHapus
  3. Menurut aku.. it's oke aja bule' mau mempelajari budaya bangsa kita.. asal jangan kebablasann.. yang jelas kita harus tetap menjaga kebudayaan kita.. dan menjaga keutuhan bangsa ini... kehancuran suatu negara emang balik lagi ke negara nya.. yooowwww jangan liat seberapa banyak bule' yang belajar budaya kita deh.. tapi liat seberapa besar upaya kita untuk menjaga dan melestarikan budaya itu...

    BalasHapus
  4. yang jelas.. kita sebagai pemilik negara ini perlu waspada juga.. jangan sampai ada penguasaan tanah tercinta kita secara terang-terangan tanpa memberi kesempatan untuk kita menikmatinya.. hmm Naudzubillah..

    BalasHapus
  5. Mungkin yang disampein sama orang tua yang Kak Andy denger itu pengistilahan kali ya, dan itu bisa jadi bermakna banyak...

    Tapi yang pasti apapun yang terjadi bisa kita jadikan bahan untuk selalu berkaca... ^^

    BalasHapus
  6. Berkunjung boleh, sama seperti kita berkunjung ke luar. Ibaratnya jangan sampai terjadi perampasan skill dan budaya untuk dijadikan exploitasi bagi mereka, kalau saya simple. Bulek yang ke Indonesia dalam waktu lama itu artinya mereka tidak mempunyai uang dan pekerjaan di negara asalnya sementara Indonesia hampir rata-rata lebay dalam melihat bule, jadi ya beginilah setiap bule datang serasa kedatangan artis :D alhasil orang sendiri dinomorduakan

    BalasHapus
  7. rasanya saya tidak mempermasalahkan kenapa bule pada datang..
    tidak sedikit juga kan yang malah mencintai indonesia.. :)

    BalasHapus
  8. menurutku, indonesia itu bagaikan miniatur dari peradaban dunia. banyak pengkajian yang hampir mendekati sebuah fakta jika peradaban budaya di indonesia itu salah satu yg tertua di dunia, jadi sah2 saja kalo indonesia jadi central culture studies bagi dunia.
    Tp sayangnya, prosesi dari akulturasi budaya yg ada ketika budaya luar masuk, yang terjadi malah alih pakai budaya, kita adopsi budaya mereka dan menghilangkan sedikit demi sedikit budaya kita, hebatnya org luar mereka mampu mengadopsi budaya kita yg terkenal dengan "Kesolihan Sosial" nya, tanpa menendang jauh budaya yg mereka anut sebelumnya. Asik bener org luar.
    salam, maaf ikutan nimbrung.. tertarik sm tema nya sih. hehe..

    BalasHapus
  9. makin banyak bule di indonesia itu tandanya makin tertarik mereka kesini,
    banyak yg belajar budaya kita, belajar bahasa kita, dan sebagainya itu baik,
    cuma dipikir-pikir bener juga, negeri ini jadi incaran banyak budaya asing, mungkin karena dari jumlah warganya juga kita banyak, jadi kalo mereka ngeh dg budaya kita, bisa ikut masuk juga, bahkan interaksi lebih jauh mungkin "harapan" mereka ya mereka bisa cari untung di negeri ini!
    apalagi kesannya itu, bule itu lebih terhormat, lihat aja, banyak orang indonesia yg malu-malu bahasa asing kalo ada bule, padahal ini negeri indonesia, kenapa kita harus pake bahasa asing, bahasa mereka? kita kan tuan rumah, ya harusnya mereka yg belajar bahasa kita kan?
    tapi...
    karena kita kalah gengsi, ya kita yg ngerasa mereka lebih baik,
    setuja pisan,
    bule itu, harus jadi pertanda awal, bahwa banyak orang yg mengincar negeri ini, kita? harus jadi penyelamat utama

    BalasHapus
  10. Berkunjung silahkan saja...
    asalkan jangan sampai terlalu jauh mengutak-atik Negri kita... :)

    BalasHapus
  11. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Budaya Indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id

    BalasHapus