Pak Mali dan Mak Onam

Percaya atau tidak? ini tentang mitos orang sunda..
Dari mitos ini saya sedikit curiga bahwa orang sunda bukanlah penduduk asli pulau jawa.. eng..ing..eeeengggg... seperti berasal dari alam lain, mungkin negeri pewayangan.. hehe..
Nama MALI dan ONAM itu merujuk pada nama leluhur orang sunda, silakan cari di Google tentang Mali dan Onam berasal dari mana dan banyak digunakan oleh orang mana saja selain digunakan sebagai nama negara di Afrika Barat, yang jelas orang sunda buhun sangat percaya pada kedua nama tersebut, bagi mereka nama adalah bagian dari sebuah kepercayaan.

Pak Mali adalah aktor yang berperan sebagai kebaikan, dan Mak Onam adalah aktor jahat pemusnah segalanya yang digambarkan sebagai sosok penyihir jahat, Mak Onam sering berurusan dengan Nini Anteh karena selalu melanggar etika sihir, Nini Anteh adalah Ratu Sihir sedunia yang berpihak pada Pak Mali selaku pamongnya rakyat sunda yang disegani dibawah asuhan Aki Tirem.
Aki pernah bersabda: "Mali adalah murid terbaik kesayangan Aki, dan Nini Anteh pernah menolak cinta Aki".

Dengan begitu aktor dalam nama Leluhur Sunda bukan hanya Aki Tirem dan Nini Anteh saja, ternyata ada Pak Mali dan Mak Onam juga..

Orang sunda ketika menemukan sebuah perilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan adat istiadat leluhur yang baik, maka akan dikatakan seperti dibawah ini:

"Kedah emut ka Pamali, pami teu percanten ka Pamali bisi ku Maonam, gera lenyepan.."

Yang diartikan secara bebas lugas dengan maksud: "dalam hal apapun jika anda tidak mengikuti jejak kebaikan, maka anda akan terjerumus pada jalan kejahatan atau kegelapan".


Bersambung...

(ditulis setelah ngolebat lamunan atanapi sok disebat ilham saba'da nisfu sa'ban di margadadi)