NII Dalam Jejak Jihad S.M Kartosuwiryo - Buku

Judul: S.M.Kartosuwiryo Mujahid Yang Istiqomah


Berbicara tentang kartosuwiryo (S.M.K) yang nama lengkapnya adalah Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo, tidak terlepas dari kegiatan awalnya dalam partai politik paling pertama di Indonesia. yaitu Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII). Sebagai orang kepercayaan HOS.Cokroaminoto yang terkenal itu, dan juga kartosuwiryo pernah menjabat sebagai sekjen partai tersebut pada tahun 1931. lalu kemudian beliau Kartosuwiryo duduk dalam pucuk pimpinan partai tersebut sampai pada tahun 1939, pada tahun itu beliau di pecat dari PSII karena perbedaan visi politik dengan beberapa tokoh partai tersebut tentang konsep Jihadnya S.M.Kartosuwiryo sebagaimana diketahui bahwa partai PSII adalah sebuah partai politik yang mempunyai disiplin baja dan bertindak keras terhadap siapapun yang melawan disiplin organisasi. Dalam SI tidak ada tokoh yang besar atau kecil, di mata organisasi semua orang sama derajatnya. Maka tidak usah heran jika tokoh-tokoh seperti Dr.Sukiman, K.H Agus Salim, A.M.Sangaji, Mr.Mohammad Roem, S.M Kartosuwiryo, Abikusno dan terakhir Anwar Cokroaminoto, semuanya mengalami tindakan pemecatan dari Partai Syariat Islam.

Dan terhadap Muhammadiyah, sebagai sayap moderat Syariat Islam (Karena didirikan oleh K.H.Ahmad Dahlan, salah seorang anggota pucuk pimpinan SI dibawah Cokroaminoto) pun dikenakan disiplin organisasi. Sebabnya, karena Muhammadiyah menerima subsidi (uang) dari pemerintahan kolonial Belanda mulai tahun 1926 disaat orang-orang lain melawan dengan sengitnya. Bukan hanya SI saja yang marah pada Muhammadiyah, tapi juga kaum pergerakan lainnya. Mr.AK.Pringgodigdo, dalam bukunya yang terkenal “Sejarah Pergerakan Rakyat Indonesia”, mengatakan bahwa Muhammadiyah telah berada diluar pagar perjuangan. Penyakit “Mengemis” dan meminta bantuan Pemerintah itu tetap berlanjut sampai akhir ini. Dan hal inilah yang melemahkan semangat juang Muhammadiyah, dan karena itu pula Muhammadiyah mudah mengikuti arus dan mudah didikte kemana arah tujuannya, sekalipun untuk mencoret asas Islam dari Undang-Undang Dasarnya sendiri. Yang oportunis dan menjual diri dengan harga yang murah untuk membela yang bathil.

Sebagai orang yang konsekuen terhadap sikapnya, beliau Kartosuwiryo rela dipecat dari partainya sendiri, bahkan rela menyongsong maut ditembus peluru dalam memperjuangkan “Darul Islam” yang dicetuskan pada tanggal 07 Agustus 1949 di Jawa Barat. Beliau tertangkap pada tanggal 04 juni 1962, setelah bergerilya 13 tahun lamanya. Kemudian beliau Kartosuwiryo dieksekusi mati pada bulan September 1962. Konon untuk berubah dari tuntutan hukuman mati, kepadanya diminta supaya bersedia mencabut bai’atnya dan membatalkan proklamasi “Darul Islam” yang telah diproklamasikan di Garut olehnya. Akan tetapi tawaran tersebut beliau tolak dan rela syahid ditembus peluru yang berlumuran darah. Itulah dia sikap pejuang yang jantan dan istiqomah, konsekuen dalam membela aqidah dan pendiriannya. Ada pertanyaan masyarakat yang Pro kepada beliau yang belum terjawab sampai kini. mengapa begitu cepat dieksekusi mati? Padahal Dr.Subandrio, tokoh G30S/PKI yang juga telah divonis mati, tetapi belum dilaksanakan juga eksekusinya, malah akhirnya dibebaskan dari penjara oleh pemerintahan Soeharto. mengapa ada ukuran ganda dalam pelaksanaan hukuman? siapakah Soeharto sebenarnya?

Bandingkanlah keteguhan pendirian Kartosuwiryo ini dengan sikap tokoh Masyumi yang menyerah kalah dalam Pemberontakan PRRI/RPI di Sumatera. Untuk keluar bebas dari tahanan politik, kepada mereka disodorkan surat perjanjian yang berisi antara lain, Berjanji taat kepada Pancasila dan UUD 45. padahal mereka telah tegas menolak Pancasila dan UUD 45 itu dalam sidang konstitusi Bandung pada tahun 1957. Jelas mereka tidak istiqomah, tidak konsekuen serta tidak konsisten dan mati telak dalam konspirasi Kafir yang menyusup kedalam UUD 45. Maka dapat dikatakan mereka tidak lulus dari testing politik, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh Kartosuwiryo, Sebenarnya kalau mereka menolak juga tidak ada resikonya. Saya kira pemerintah menyodorkan surat perjanjian itu hanyalah sekedar “ujian” dan gertak belaka, karena hal itu tidak ada dalam peraturan atau undang-undang yang mewajibkan tahanan politik untuk bebas dari tahanan terlebih dahulu harus menandatangani suatu perjanjian atau membuat sebuah skripsi.


Mendapat Restu Panglima Besar Jendral Sudirman

Setelah perjanjian Renvile ditandatangani antara Indonesia dan Belanda pada tanggal 17 Januari 1947, maka pasukan Siliwangi harus “hijrah” dari Jawa Barat ke Yogyakarta, sehingga Jawa Barat dikuasai oleh Belanda. Jelas perjanjian itu sangat merugikan Republik Indonesia. Waktu itu Jendral Sudirman menyambut kedatangan pasukan Siliwangi di Stasiun Tugu Yogyakarta. Seorang wartawan Antara yang dipercaya sang Jendral diajak oleh beliau naik mobil sang Panglima TNI tersebut. diatas mobil itulah sang wartawan bertanya kepada Jendral Sudirman: “Apakah siasat ini tidak merugikan kita?” maka pak Sudirman menjawab, “Saya telah menempatkan orang kita (S.M.Kartosuwiryo) disana” seperti apa yang dikatakan oleh wartawan Antara itu kepada penulis.

“Bung Tomo, bapak pahlawan pemberontak Surabaya pada 10 November dan mantan menteri dalam negeri Kabinet Burhanudin Harahap, dalam sebuah buku kecil berjudul “Himbauan” yang ditulis beliau pada tanggal 07 September 1977, mengatakan bahwa pak Kartosuwiryo telah mendapat restu dari Panglima Besar Jendral Sudirman.”

Dalam keterangan itu, jelaslah bahwa waktu meningalkan Yogyakarta pada tahun 1948 sebelum pergi ke Jawa Barat, beliau Kartosuwiryo pamit dan minta restu kepada Panglima Besar TNI itu dan diberi restu seperti keterangan bung Tomo tersebut. Dikatakan dengan keterangan Jendral Sudirman kepada wartawan Antara diatas tadi, maka orang dapat menduga bahwa yang dimaksud “orang kita” atau orangnya Sudirman itu tidak lain adalah Kartosuwiryo sendiri, sebab tidak ada lagi orang terpercaya Sudirman yang berangkat ke Jawa Barat selain Kartosuwiryo. waktu itu Kartosuwiryo adalah orang penting dalam Kementrian Pertahanan Republik Indonesia yang pernah ditawari menjadi Menteri Muda Pertahanan, tetapi ditolaknya. Jabatan Menteri Muda Pertahanan itu ternyata kemudian diduduki oleh sahabat beliau sendiri “Arudji Kartawinata”. Dapatlah dimengerti kenapa Panglima Besar Sudirman tidak memerintahkan untuk menumpas DI/TII, dan yang menumpasnya adalah Jendral Nasution dan Ibrahim Adji. Alangkah banyaknya orang Islam yang mati terbunuh oleh Nasution dan Ibrahim Adji. Apakah itu bukan dosa? Lalu siapakah sebenarnya Nasution dan Ibrahim Adji?

Berjuang Mewujudkan Cita-Cita

Setelah memperhatikan kondisi dan situasi serta membaca peta politik, maka Kartosuwiryo mulai berjuang untuk mewujudkan cita-citanya. Dalam manifesto politiknya yang dikeluarkan tidak lama setelah proklamasi (Negara Islam Indonesia) di Garut, lalu dirancang dan diadakannya Konferensi Meja Bundar yang menuju terbentuknya Negara Indonesia Syari’at (NIS). Kartosuwiryo menerangkan, bahwa "Kini telah tiba saatnya untuk menentukan nasib Bangsa Indonesia, Khususnya umat Islam, agar dapat tercapai Mardhotillah. Ini adalah satu-satunya cara (jalan) yang akan melepaskan umat Islam dari segala bentuk penindasan, di dunia dan di akhirat. Musuh Allah, (musuh) agama, dan (musuh) Negara Islam Indonesia haruslah dibinasakan, agar hukum Islam yang sesuai dengan ajaran AlQur’an, sunnah Nabi dapat terwujud secara lengkap di seluruh Indonesia"

Negara Islam Indonesia (NII)

Darul Islam atau Negara Islam itulah puncak cita-cita Kartosuwiryo yang hendak dicapainya dengan perjuangan yang gagah berani. Sementara itu ada pihak-pihak yang sinis mengatakan bahwa Negara Islam itu tidak ada dalam AlQur’an. Inilah pembicaraan yang tidak bertanggung jawab, karena kurangnya ilmu dan pengertian terhadap kitab suci AlQur’an. yang amat menyedihkan ucapan itu keluar dari kaum muslim intelektual atau sarjana yang pernah belajar di negeri sekuler di luar negeri, walaupun yang mengucapkan anak ulama sendiri, padahal para orang tua mereka dahulu setiap pidato dimana-mana meneriakkan agar terwujudnya Negara Islam, sedangkan anak-anak mereka membatalkan apa yang telah dikatakan dan diperjuangkan oleh orang tuanya, bahwa dalam AlQur’an tidak ada perintah Mendirikan Negara Islam. Apakah dalam UUD’45 ada kata Pancasila? Tidak ada! Kata Pancasila memang jelas tidak ada, tetapi bila orang mau mengerti dan membaca dengan teliti maka jelas makna Pancasila ada dalam Mukaddimah UUD 45. Demikian pula dalam AlQur’an, tidak ada terdapat dan tertulis kata “Darul Islam” atau Negara Islam. Tetapi bila orang mengerti dan mau mendalami pengetahuan Agama Islam terutama tengtang tafsir AlQur’an, maka tidak akan ragu lagi bahwa mereka akan banyak bertemu dengan ayat-ayat AlQur’an yang mengarah dan menuju Negara Islam itu. dapatlah dikatakan bahwa Ayat dalam AlQur’an yang diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman untuk membentuk masyarakat dan Negara Islam yang sempurna dan Ideal.

Ambilah sebuah ayat dalam AlQur’an , yang artinya berbunyi:
Masuklah kalian ke dalam Islam secara total menyeluruh, dan janganlah kalian ikuti langkah-langkah Syetan(Q.S. Al-Baqarah, 2:208 )

Maksud total menyeluruh (kaffah) itu adalah dalam seluruh lapangan dan sector kehidupan masyarakat dan Negara, bukan hanya pada Pribadinya saja. Umat Islam harus islami berdasarkan Islam, politik, ekonomi, cultural, pendidikan, kebudayaan, keluarga, lingkungan, dan lain-lain. Seluruhnya harus berdasarkan Islam. Sayangnya ayat ini tidak direnungkan dan diterjemahkan dalam kehidupan bermasyarakat dan perjuangan kaum muslimin. Kaum intelektual kita lebih senang mengeluti dan menghayati kitab-kitab atau buku-buku iptek saja, buku-buku ekonomi atau buku-buku keagamaan yang ditulis oleh kaum orientalis yang anti Islam atau yang menuduh orang-orang yang ingin menerapkan ajaran AlQur’an dan sunnah secara murni, konsekuen dan konsisten sebagai “Fundamentalis dan Ekstrimis”. Dan Alhamdulillah mahasiswa-mahasiswa Islam yang lulusan Universitas atau Perguruan Tinggi Islam tidak ada terdengar yang berlaku sinis terhadap kitab suci AlQuran itu, bahkan mereka ingin berjuang menjadikan AlQur’an sebagai pedoman hidup bagi masyarakat dan Negara, Yang sinis itu pada umumnya orang-orang yang pengetahuan agamanya terlalu minim atau Imannya lemah atau bahkan rusak karena sudah diracuni oleh ajaran-ajaran sekuler yang sesat dan menyesatkan banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh kaum nasionalis yang sekuler “kafir” dalam AlQur’an surat AlBaqarah ayat 208 itu “Allah” melarang kita menuruti langkah setan yang menyesatkan kita, jadi menyimpang dari AlQur’an dan Sunnah, menyimpang dari masyarakat dan Negara Islam itu berarti menuruti syetan yang merugikan dan menyesatkan kaum muslimin. dan dalam manifesto politik Kartosuwiryo seperti yang disebutkan diatas tadi, jelaskan bahwa beliau mengajak umat Islam untuk mencapai Mardhotillah, yaitu dengan menegakan hukum Islam yang sesuai dengan AlQur’an dan Sunnah Rosul itulah Cita-cita Kartosuwiryo yang ingin dicapainya dengan perjuangan yang gagah perkasa.

Penutup

Terus terang penulis ini bukanlah Muslim pengikut ideologi S.M.Kartosuwiryo, tetapi kita semua dapat menghargai pemimpin yang jujur dan ikhlas berjihad memperjuangkan Islam dan cita-citanya sebagaimana halnya Kartosuwiryo. Ia syahid sebelum cita-citanya tercapai, namun dia telah menebus cita-citanya yang mulia itu dengan darah dan jiwanya sendiri. Seperti halnya pemimpin-pemimpin Ikhwanul Muslimin di Mesir yang syahid di atas tiang gantungan musuh-musuhnya yang dzolim, Berbeda dengan Abdul Qadir Audah, seorang hakim dan sarjana hukum di kairo yang divonis mati dan dieksekusi di tiang gantungan, tetapi persatuan pengacara Mesir memprotes dan sepakat menuntut pemerintahannya supaya diadakan sidang pengadilan ulangan untuk mengetahui bagaimana jalannya pengadilan itu supaya diketahui umum. Dan terhadap Kartosuwiryo yang divonis dalam sidang PENGADILAN TERTUTUP, tak seorangpun pengacara Indonesia atau persatuan pengacara yang menuntut ulang bagaimana sidang pengadilan berlangsung. Namun demikian ia tetap dipandang dan dicatat sejarah sebagai seorang Mujahid, Pemimpin yang istiqomah, konsekuen, dan konsisten sampai akhir hayatnya. Catatan ini semata-mata untuk melestarikan cita-cita dan perjuangannya walaupun jasad beliau telah terbaring dipangkuan ibu pertiwi sejak 1962 lalu. Kata orang, “Menulis sebuah biografi berarti menghidupkan tokohnya kembali.” Dan menurut para pengikutnya, “Imam Kartosuwiryo tetap hidup dan belum mati, dia masih hidup dalam hati dan jiwa mereka sebagai pemimpin Islam yang militan dan revolusioner.

Allah berfirman: “Janganlah kamu berkata tentang orang yang syahid di jalan Allah bahwa mereka itu telah mati. Tidak! Mereka itu tetap hidup, meskipun kamu tidak menyukainya”.
(Q.S. Al-Baqarah :154)

Jangan terpedaya oleh sejarah yang sudah mengalami distorsi saat ini “Manipulasi atau distorsi sejarah yang memutar balikkan fakta sejarah yang secara mencolok adalah terjadi pada Budi Utomo yang dijadikan tonggak sejarah pergerakan Nasional Indonesia. Padahal bukan budi utomo yang merupakan partai politik pertama, tetapi Syariat Islamlah yang pertama kali bernama “Syariat Dagang Islam“ lahir pada tahun 1905. disamping itu Budi Utomo bukanlah partai rakyat yang menentang penjajah Belanda, tetapi golongan kaum Bangsawan yang menjadi anak mas dan bekerja sama dengan Belanda. Anggota Budi Utomo tidak ada yang masuk penjara, dibuang ke Digul atau yang ditembak mati oleh Belanda, karena semuanya adalah anggota Freemasonry. Tetapi lain lagi dengan derita para tokoh-tokoh Syariat Islam berdesak-desakan masuk penjara yang sempit, ditembak mati atau dibuang ke Digul, Irian Barat. Budi Utomo bukanlah bersifat Nasional, tetapi regional dan anggotanya terbatas pada suku bangsa tertentu saja “Jawa dan Madura” selain itu tidak boleh menjadi anggotanya. Sedangkah tokoh-tokoh Syariat Islam mencakup seluruh suku Bangsa Indonesia, Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Kalimantan, atau bisa dikatakan partai yang benar-benar bersifat Nasional. Budi Utomo tidak mengantarkan Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan, akan tetapi Syariat Islamlah yang telah mengatarkan Bangsa Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan itu. Budi Utomo sekuler dan anti Islam, oleh karena itu dikutuk oleh kaum muslimin dan bubar pada tahun 1935. Tetapi anehnya malah diperingati sebagai tonggak sejarah Indonesia. Itulah distorsi sejarah yang harus dikoreksi dan diperbaiki oleh para generasi penerus. Jangan mau saja menelan fakta yang sudah diputar balikan, demi kebenaran. Para generasi penerus harus membuka matanya untuk memberantas kepalsuan demi tegaknya keadilah sejarah yang sesuai dengan fakta yang sebenarnya.”

Catatan yang bisa di Download ini dikutip dari buku yang berjudul “Jejak Jihad S.M.Kartosuwiryo” Karya Irfan S.Anwar, buku ini menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dalam sejarah dunia Islam di Indonesia yang selama ini disembunyikan atau mungkin sudah diputar-balik oleh pemerintahan terdahulu (Orde Baru). karena ideologi DI/TII S.M Kartosuwiryo tidak sama dengan NII KW9 Ali Moertopo. lihat perbedaannya di [LINK] ini.
  1. nice postt mas andy..masalah NII lg hangat2 nya di indo....bisa nambah info..syakir awi awi

    BalasHapus
  2. iya, seru mbak kalo baca2 buku sejarah, serasa tenggelam ke masanya.. :D

    kata guru saya "dengan mengetahui sejarah yang sesungguhnya, akan membuat kita tahu kemana harus melangkah"

    BalasHapus
  3. Wah,gak berani coment..
    salam kenal

    BalasHapus
  4. Terlena dengar iringan musiknya ... ^^

    BalasHapus
  5. @I-One: biasa aja lagi, nulis biografi bukan berarti kita sefaham sama pemikirannya kan..? di indo juga banyak blog yang nulis biografi hitler dan memuji2 kegigihannya dalam memperjuangkan derajat bangsa aria, bukan berarti si penulis seorang komunis juga kan..? :D

    @mas fahri: malah dengerin musiknya ya, wkwkwkwk..

    BalasHapus
  6. wuiih... deg deg an baca tulisan ini,.. takut ada tulisan provokatif..

    Bagus, Perjuangan yang sangat heroik, PADA MASANYA. Karena pada waktu itu, adalah masa dimana penentuan pondasi akan jadi seperti apa bangsa Indonesia masa depan (sekarang). Sayangnya, orang2 yang mempunyai kecerdasan, dan niat baik untuk masa depan Indonesia tidak cukup kuat dan bersatu untuk mewujudkannya. Mereka pun segera di berantas oleh konspirasi barat yang tidak ingin indonesia maju, karena telah melihat potensi Indonesia sebagai bangsa yang besar.

    Akhirnya, masa depan Indonesia jadilah seperti sekarang ini. pondasinya lebih banyak dibangun oleh orang2 yang telah diperdaya oleh barat.

    Perjuangan Indonesia pada masa sekarang telah berbeda. kita butuh perbaharu untuk berjuang lagi di masa kini untuk masa depan..

    *beuh, saya yang nulis yak? wkwkwkw.... maap sok tau

    BalasHapus
  7. hehehe.. terimakasih @Andini.M
    keep istiqomah ae lah.. ^_^

    BalasHapus
  8. NII??? hahahaa....no coment ahh...q kan ikutnya grup bloofers..bukan NII [hahaa...gag nyambung...]
    akuuuu sukkaaa lagunyaaa mas andiii...hahahaaa....terlenaaa...kuu terleenaaaa....hahaa...^^
    smoga tar q dapet suami yg mncintai q kayak di lagu itu...hahaa,,,

    BalasHapus
  9. @nick: ralat komen kamu nih
    smoga tar q dapet suami yg mncintai q kayak mas andy..hahaa,,,
    wkwkwkwk.. :D

    BalasHapus
  10. baca ini saya serius skali, tpi dah mpe komen, baca komen kg andy untuk nick, saya lngsung ngakak setengah mampus, rencana komen menguap semua. hahahhahahah

    but, NII ato apapun itu qt tidak boleh apatis. sya sepakat dgn tulisn kg andy di bloof, tdk perlu takut menulis artikel pun komen ttg NII, ketkutan justru bisa jadi bumerang. jgn mghindari ketakutan, justru qt harus tau wujud ketakutan itu yg sebenarnya. dgn begitu qt tahu harus mulai membangun benteng di bagian mna. :D

    *sepertinya komen sok tahu. ketularan andini mokodompit. wkwkwkkkw

    BalasHapus
  11. gag sengaja jalan2 kesini...seperti ada yg menggedor2 otakku...eh..pas mampirr.....

    Shock berat baca balasan komen mas andy....hahahaa
    betapa narsisnya dirimu mas....hahahaa....ngakak abis kaya mb aci akuuuu...hingga tak sanggup berkata-kata lagi...iya aja deh....hahaa...^0^

    BalasHapus
  12. @Aci: mikirnya kurang khusyuk, masa mau komen aja mpe blank lupa lagi yang mau diomongin, gara2 baca balasan buat nick :D

    @nick: bloofers emang narsis2 qo :D

    BalasHapus
  13. sepertinya banyak yang menolak, karena hukum islam belum sanggup untuk di pegang mas, gak kebayang kalau hukum islam di pegang kayaknya para pejabat kita yang K*N pada ilang tangannya wakakaka, kan kalau pencuri tangannya di potong ^_^

    BalasHapus
  14. maaf baru sempet mampir kang...

    memang sepengetahuan saya NII saat ini sudah melenceng dari NII zaman Kartosuwiryo dan Daud Beureuh...

    Hingga saat ini siapa yang memegang kuasa atas informasi dan aksesnya, akan memiliki kuasa untuk mendikte pemahaman sejarah sesuai keinginan kelompoknya...

    Oleh karenanya umat islam itu mesti punya akses yang kuat juga terhadap informasi dan media... **lho kok nglantur?**

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nii yg di didirikan Imam S.M.K Mash berdiri Kokoh Tinggal tunggu saja waktu nya akan ada nya gerilya Seperti masa Rosulullah..

      Hapus
  15. @kang aul: bener kang, pasti kita bakal punya banyak pejabat yang cacat pada buntung tangannya, wkwkwk :D

    @kang todi: hukum rimba dong :D

    BalasHapus
  16. Saya anak muda yang sedang mencari jati diri. salut untuk bang andy. Luar biasa Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dan luar biasa juga Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo... seandainya Sukarno dan Semaoen satu hati dengan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo... mungkin indonesia akan sangat dan jauh berbeda. Hanya Allah yang tahu.. terimakasih Allah atas skenario yang luar biasa ini. suatu saat islam akan kembali menang. insyaallah..

    BalasHapus
  17. Kehendak Sejarah adalah Periodik yang terus akan berlangsung sampai pada suatu masa tertentu,, dan siapa yang mampu menghalau sejarah itu sendiri? apapun itu cepat atau lambat juga akan terbuka sendiri oleh produk waktu karna itu memang sudah begitu hukumnya sejarah itu sendiri... Salam

    BalasHapus
  18. isi proklamasinya ada yang kurang, harusnya di situ ada kalimah syahadat sebagai bukti negara yang didirikan adalah negara islam
    salaam... :)

    BalasHapus