Cara Membuat Game Java Dengan Greenfoot

Sebagai seorang anak laki-laki biasa hal yang paling menyenangkan waktu kecil adalah bermain Game, baik itu PS, Tendo dll.
Hal tersebut masih berlangsung hingga sekarang, cuma medianya sudah berubah, menjadi Komputer dan HandPhone. Pernah juga terbesik gimanasih cara buat game..?! bosen main game terus, sekali-kali bikin game sendiri.. :D

Rasa penasaran itu muncul setelah saya mempelajari Java, karena java adalah bahasa pemograman yang sangat Serakah menurut saya, karena Hampir disemua teknologi di ada, di Desktop ada Swing, di Mobile ada J2ME , di Web dinamis ada JSP, dan di dunia Game pun dia ada baik itu untuk Komputer atau Mobile. Bermodalkan pengetahuan Java dasar dan Modal Nekat bin Coba-coba, akhir nya saya bisa juga.. :D

1. Anda harus punya pengetahuan dasar Java (J2ME) untuk aplikasi pembuat gamenya saya pakai Greenfoot. Kenapa harus Greenfoot..? karena Greenfoot cocok sekali untuk belajar membuat untuk pemula, selain Greenfoot sebenarnya masih banyak IDE-IDE lainya..



 

Kalau mau belajar juga seperti saya, tutorialnya langsung download aja disini..

http://ilmukomputer.org/2007/08/27/cara-membuat-game-berbasis-java-menggunakan-greenfoot-bag-1/
http://ilmukomputer.org/2009/03/28/cara-membuat-game-berbasis-java-menggunakan-greenfoot-bag-1-cara-membuat-game-berbasis-java-menggunakan-greenfoot-bag-2/
Kalau mau tutorial videonya download disini..

http://www.greenfoot.org/doc/videos.html

Selanjutnya terserah anda untuk mengembangkan Game buatan anda sendiri sesuai skenario keinginan anda.
Screenshoot game yang udah saya buat, saya beri nama BugsLapar :



Download sourcehnya disini atau bisa langsung dimainkan secara online, dan Plungin java harus telah terinstal di Browser anda..

Kalau udah buat Gamenya baiknya disharing di http://greenfootgallery.org/ supaya game kamu bisa langsung dimainkan secara online sekaligus bagi-bagi ilmu dengan cara membagikan source kode game kamu.. :)
  1. kok gak bisa download source codenya? padahal saya sudah sign up digreenfoot

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk artikelnya. Saya sangat senang dan terbantu dalam membuat game dengan java. Silahkan untuk berkunjung juga ke website sekolah koding saya.

    BalasHapus