Ilmuwan Si Pembelah Uranium

Otto Hahn adalah seorang Ilmuwan pemenang hadiah Nobel dalam bidang kimia tahun 1944. Sang pembelahan Uranium ini dilahirkan pada tanggal 8 Maret 1879 di Frankfurt, Jerman. Mekipun secara pribadi Hahn tidak menghendaki hasil temuannya digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai denan kemanusiaan, tetapi pada kenyataannya justru penemuannya tersebut dipakai sebagai salah satu dasar perakitan bom atom yang dibuat dengan dalih demi perdamaian dunia.

Masa kanak-kanak dan pendidikan dasarnya dilalui di kota kelahirannya. Ayahnya seorang seniman ahli peniup gelas yang berhasil dan juga menjadi anggota parlemen di kotanya. Sang Ayah mengirimkan Hahn ke Marburg setelah Hahn menyelesaikan pendidikan SMA. Di Marburg dan Munchen Hahn mempelajari Ilmu Kimia yang merupakan mata pelajaran paling disukainya. Berkat kerajinannya Hahn mendapat gelar Doktor untuk bidang Kimia Organik pada usia yang relatif muda. Pada tahun 1907 Hahn mendapat gelar Profesor untuk bidang yang sama.

Hasil penelitian Hahn adalah zat Mesothorium yang mempunyai daya radiasi yang sama seperti radium tetapi lebih murah harganya daripada uranium. Hahn kemudian bekerjasama dengan Ilse Meitner seorang ahli fisika dari Australia dan berkat jasanya Hahn dan rekannya Fritz Strassman menemukan Uranium yang dapat dibelah yang pada waktu itu penemuan ini merupakan hal yang mustahil.

Otto Hahn sebagai Bapak Pembelahan Uranium ini merasa bersyukur bahwa ia tidak dipilih sebagai salah satu sarjana yang harus mengembangkan persenjataan modern bagi negaranya. Hahn merupakan seorang pejuang yang gigih melawan persenjataan atom bagi negaranya. Ia seorang peneliti, pekerja keras juga seorang pencinta kedamaian.

Pada tahun 1946 Hahn diangkat menjadi Direktur Lembaga Pengembangan Ilmu Pengetahuan Max Planck dan bekerja selama 14 tahun. Di lembaga tersebut Hahn menyibukkan diri dengan mempelajari dan mengklasifikasikan beraneka macam partikel yang dihasilkan oleh proses pemecahan uranium. Namun penerapan praktisnya dipelajari hanya dengan tujuan untuk menghasilkan suatu jenis energi baru yang kemudian digunakan dalam reakto-reaktor atom. Otto Hahn meninggal pada tahun 1962 di Gottingen.

Uranium



Reaksi fisi nuklir U-235

Uranium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke seri aktinida (actinide series).
isotopnya 235U digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan senjata nuklir.
Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air, tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia).

Lihat pula

Referensi

Pranala luar