Cara Mengatasi Tampilan VGA "Out Of Range"

Jika anda sengaja mengatur resolusi atau tidak sengaja melakukan setting resolution windows terlalu besar, namun anda hanya memiliki VGA Onboard yang tidak mampu melakukan resolusi di atas 1024 x 768.

Ketika anda meningkatkan resolusi terlalu besar, anda akan melihat tulisan "OUT OF RANGE" pada monitor, dan untuk user yang awam dengan setting windows akan kebingungan bahkan akan terjadi tragedi INSTAL ULANG dan ini sangat menyakitkan, mencekam sekali memang untuk si awam.
Padahal ini disebabkan karena VGA Onboard tidak bisa menampilkan resolusi yang terlalu besar.

Pada umumnya resolusi standar yang digunakan adalah 1024 x 768, tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan Monitor. ada tips untuk mengatasi agar windows bisa kembali normal tanpa harus install ulang.

1. restart komputer.
2. tekan F8 secara terus menerus sebelum melakukan booting (pada saat setelah komputer dinyalakan), agar masuk ke Safe Mode.
3. jika sudah masuk, pilih opsi "Enable VGA Mode".


4. lalu anda akan masuk windows dengan resolusi yang terkecil, yaitu 800 x 600, ciri-cirinya layar pada monitor akan terlihat besar.
5. setelah itu ubah setting windows yang standar dengan VGA Onboard, klik kanan pada dekstop pilih properties, pilih tab settings kemudian pilih yang standard yaitu 1024 x 768.
6. restart komputer.

Semoga bisa membantu masalah anda.. :)
  1. Monitor saya masih tetap out of range meskipun sudah pake resolusi 800 x 600. Ukuran monitor saya 19.5 inch (monitor baru) dan vga onboard.
    Kalau saya pasang vga card apakah out of range nya bakalan sembuh gak gan?
    Mohon bales please

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi driver syntax error atau tidak kompetible unistall driver nya.. atau coba masuk save mode untuk rubah resolusi dengan yg terendah

      Hapus
  2. OKAY, SANGAT MEMBANTU SAYA, MKSH BUANYAK...

    BalasHapus
  3. Terimakasih om sangat baik sekali

    BalasHapus