Jika Semua Menjadi Serba Virtual

Ceritanya minggu kemarin saya membeli Smartphone Android, saya memutuskan untuk memakai Android (lagi) setelah Hp Symbian jadul kesayangan saya matot, tadinya saya mau beli Blackberry, tapi mikir lagi kalo Blackberry ternyata sudah dibeli sama raksasa elektronik Jepang yang berencana akan mengembangkan Blackberry menjadi Superdroid, ya.. akhirnya Android juga yang saya ambil. Dulu sebelum Android setenar saat ini saya pernah coba-coba instal di notebook BenQ punya isteri, setelah di instal ternyata isteri saya merasa tidak nyaman menggunakannya, settingannya memang bukan untuk notebook, hasilnya jadi seperti yang dipaksakan berjalan dan berguna, padahal mah ribet banget. kemudian saya instal ulang memakai mint yang user friendly dan sejuk dimata isteri saya, sampai sekarang isteri saya betah memakai mint.

Nah, berawal dari Symbian matotlah saya berubah menjadi makhluk autis, sudah lama tidak berhadapan dengan Android, ketika berhadapan lagi langsung dengan versi terbaru Jelly Bean 4.1.2, wah.. langsung jatuh cinta, apalagi kalo ada yang mau sedekah Ubuntu Mobile ke saya, klepek-klepek deh.. :D

Pertama kali saya buka PlayStore mencari aplikasi photo effect, yang keluar seabrek-abrek, seolah mereka (aplikasi itu) memperebutkan saya dan berkata: "Download Aku.. Download Aku.." Hmm, seru deh kalo ngayalnya diterusin mah..

Saya nemu aplikasi Green Tree, Dengan aplikasi ini kita bisa punya pohon virtual, aplikasi ini ngajarin kita menanam dan mengurus pohon. Caranya gampang banget, sama kayak orang pacaran lah, disiram, dipupukin gitu deh.. #apasih. Virtual pet-nya juga banyak, dari mulai kucing, anjing, kelinci, ikan, dinosaurus, sampai hewan-hewan aneh yang bentuknya mirip remahan biskuit pun ada, namanya POU. Bahkan virtual family juga ada lho, wah.. bener-bener bisa bikin jauh sama keluarga real ini mah. Buat yang pengen jadi musisi tapi kurang modal juga ada solusinya, Cukup punya Smartphone Android 1 saja sudah bisa memiliki virtual piano, drum, gitar, bass, tamborin dan lain-lain. yang belum kesampaian punya mobil pribadi, pesawat pribadi atau kereta pribadi juga tenang saja, ada aplikasi simulator kendaraan, buat yang pengen banget jadi supir busway, masinis dan pilot dijamin kenyang deh.. :D

Semua yang kita lakukan di dunia nyata bisa menjadi serba virtual dengan teknologi, Bahkan untuk kalian yang jomblo sekalipun disediakan aplikasi pacar virtual (beneran lho ada!). Jadi inspirasi juga buat saya untuk ngembangin aplikasi Ustad Virtual yang bisa ngingetin kita untuk Solat subuh, Puasa senin-kamis, Zakat setelah tanggal gajian, setelah sholat kalo kita males baca doa yang panjang-panjang, tinggal kita klik saja Ustad virtualnya, nanti dia baca doa sendiri, kita tinggal bilang AAMIIIIINN. untuk anak kuliahan bisa dibuatkan juga aplikasi Dosen Pembimbing Virtual yang selalu ngingetin ngetik skripsi tiap habis sholat subuh sambil teriak-teriak sendiri "Ayo Para Calon Wisuda! KEEP SMILEEE!" wah, seru deh..

Kebayang kan gimana jadinya kalo semua serba virtual? yang jelas pengaruh dunia khayal maya bisa menjadikan manusia hilang jiwa sosialnya, karena terbiasa dengan sesuatu yang tidak real. sibuk ngurusin dinosaurus, seperti waktu dulu jaman Tamagotchi dijadiin gantungan kunci.
Atau karena punya keluarga virtual di smartphone, jadi sibuk dengan smartphone di kamar dan jarang bertemu dengan keluarga yang sebenarnya. Ah..

Kita dibesarkan bukan oleh orang tua virtual, kita bukan lulusan SD virtual, Tuhan yang kita sembah juga bukan Tuhan virtual, jadi jangan menggantikan sesuatu yang real dengan sesuatu yang virtual, karena kita hidup menginjak tanah bukan diatas bumi yang virtual.

Yaa begitulah..
  1. Mantep tep tep artikelnya.. iya betul jgn smpe qt autis gr2 teknologi.. gawat kalau ad aplikasi yg shalat tinggal aamiin hihi pada males hafalinquran entarnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi imam virtual ya? wah kacau deh kacau.. hahaha =))

      Hapus
  2. Konon katanya, di Android nanti ada aplikasi buat nyuci baju kang. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulkas sekalian buat ngademin ubun-ubun =))

      Hapus
  3. iya bener-bener.. saya kalo udah mainan di hape android itu bisa lupa waktu..hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo seminggu aja terus menerus ngabisin waktu sama hp, autisnya jadi jejeg 100% ya ma wkwkwkwk :-)

      Hapus