Menulis Tidak Perlu Menyita Banyak Waktu, Menulis Ketika Ada Bahan Tulisan Saja

Menulis itu sebenarnya tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam, menulislah ketika ada atau sudah ada bahan tulisan, jika kamu menulis karena memang ada bahan cerita yang harus kamu tulis pastilah cepat selesai dan tidak memakan waktu lama, lain lagi jika kamu menulis karena dituntut atau sengaja ingin membuat tulisan atau cerita yang sebelumnya tidak pernah terfikirkan atau belum pernah kamu alami, pastilah akan memakan waktu lama untuk berfikir dan menyusun kata serapih mungkin, bisa sampai berjam-jam, berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bisa bersambung sampai ke tahun depan.

Saya sendiri menulis di blog hanya jika ada bahan bacaan yang perlu saya ingat, bisa dikata juga sebagai media bookmark ala ngeblog, karena bagi saya dengan menulisnya kembali maka proses mengingat akan terasa lebih cepat, tentunya ini untuk artikel-artikel yang tidak bersangkutan dengan catatan pribadi saya.

Lain halnya dengan catatan pribadi (diary) keseharian saya, saya menulisnya jika mood sedang asik buat diajak santai nyusun kalimat, makanya saya jarang sekali nulis masalah atau cerita pribadi di blog, dan kalaupun saya ingin menuangkannya ke blog pastilah hasilnya akan berupa sebuah puisi, bukan detail cerita dengan alur yang berkesinambungan seperti cerpen atau komik.

Bagaimana dengan kamu..?
  1. huaaaaahhh....mas andy...sangat ingit menulis dengan ringan sepertimu..menulis tanpa beban tentunya menyenangkan....
    Saya hiatus....dan entah kapan baru mampu menulis lagi...wkwkwkw...tolong ajari saya menulis mas andy...hiks...^^

    BalasHapus
  2. basic saya bukan seorang penulis nick :D
    saya mah chatter biasa, kalo mau minta ajarin, mending ke suhu2 bloofers aja kaya kang Aan, Qefy n Aulia.. ^_^
    kecuali kalo mau belajar ternak blog, baru deh larinya ke saya, hehehehe..

    BalasHapus
  3. Betul banget Kang Andy, paling enak memang menulis pas saka ..
    Sakainget
    Sakapikir
    Sakaliwat
    Sakadar curhat
    Sakadang kuya jeung
    Sakadang monyet ..

    Tuh 'kan ..
    Sakatulisna weh ^_^

    BalasHapus
  4. wkwkwkwwkwk..
    bener-bener teh ani mah komen ge sakadaekna we nya :D

    BalasHapus
  5. betul menulis apa adanya sesuai keadaan,,gak usah memaksakan kehendak ntar jadinya gak original hehehe

    BalasHapus
  6. yang penting mah gak bikin diri sendiri merasa tertuntut harus menulis, karena ingin selalu menyuguhkan minimal 1 postingan perhari.. seperti yang dialami saudari Nick :D

    BalasHapus
  7. tularkan saya semangat nulisnya kang...saya perlu virus menulisnya :(

    BalasHapus
  8. yah.. lagi2 ke saya :D
    tuh jagoan nulis kita di bloof yang jarang sekali ikut publish postingan di grup : mbak jude, teh patma, minie angel, mymia, ani, meutia, qefy, aan, aulia, ika, harumi, todi, dan sejenisnya.. :D pada punya virus sindromengetik semua tuh..

    dan jangan salah, yang jarang publish malah biasanya yang rajin banget posting di blog, kaya zico, om alay, aby, sam, arman, iqbal, nitnot, siti, achi, zahra, dkk lah banyak tuh yang udah cantengen tangannya kena virus sindromengetik :D wkwkwkwkwk..

    BalasHapus
  9. Belo bis anulis karna mengenai diri pribadi, klo nulis cerpen ato fiksi belom tau cara ending yang bagus gimana.. lam kenal bro :)

    BalasHapus
  10. Mas Anddy... benuL beud...aku juga sama kaya dikau... pernah suatu saat pengen nulis sesuatu.. tapi maksd hati pengen menulis sesuai yang di rasakan. ehh malah pas di tuangkan ke bentuk tulisan malah gak masuk ke dalam apa yang di maskdkan.. sampe sampe gagal deh... aku hapus lagi.. and alhasil gagal menulis.. hehee.. kadang apa yang di maskdkan di hati dan di fikiran, saat jari mulai menulis jadi lupa semua, and gak sama dengan yang apa yang di maksd.. :D (ahh gitu deh pokoknya) hahahaha adohh :))

    BalasHapus
  11. manakala kita sedang berjubel ide.. rasanya memang mengalir gitu ajja kang.. tapi kalu lagi jatuh deadlock... :( brrrrghhhh :(

    BalasHapus
  12. sindromengetik? am i? wkwkkwkwkwkkk

    BalasHapus
  13. iya mas memang seperlunya saja jangan terlalu banyak untuk tulisannya ya klo mau curhat langsung ke intinya abis rada pegel baca nya hehehehe

    BalasHapus
  14. hahah,iya ya. bener beneer.. :D setujuu :)

    BalasHapus
  15. saya sangat ingin pandai menulis, tapi yang lebih penting dari itu.. menulis itu ajaib.. bikin perasaan jadi ringan :)

    emang enak ya kalau nulisnya bisa mengalir gitu.. saya sih masih terlalu banyak yang dipikirin sampe beberapa kali juga nggak jadi ngepost tulisan. hhe..

    BalasHapus
  16. brarti nu carita bersambung tea mengandung unsur tuntutannya? ggkgggkgk

    BalasHapus
  17. bener2..
    Pernah tuh saya maksain diri buat nulis..akhirnya seharian gak kelar - kelar dah gitu hasilnya juga gak bagus..hikkss..
    kapok deh maksain nulis lagi mending kalo lagi gak mood bewe aja..ky skrng :D

    BalasHapus
  18. waaa,klo saya kyk nulis diary.. deeeaaaaarr diiiiiaaarrryyy..duaarrr! haha :D
    sy sesukanya aja mo nulis apa,abis gabisa nyastra sih,tpi kagum dn salut sama org2 yg bisa nyastra, apalgi kata2ny pake permisalan,dll. otak dituntut utk mencerna lbh mendalam setiap kata yg tertuang

    BalasHapus
  19. wah saya setuju banget sama mas andy.
    seringkali saya juga macet pikiran saat dipaksa untuk nulis, lain halnya saat ada hal yang perlu diingat atau perlu di-share, rasanya menulis begitu mengalir.
    thanks tulisan sederhana ini menguatkan motivasi menulis saya yang angin2an... hehe

    BalasHapus