Cara Memakai Kompas Geologi

Model: Bruton 5008
Di sini kalian bisa tahu sekelumit dari cara menggunakan kompas geologi, untuk bisa memahami cara mengukur suatu kemiringan dengan kompas geologi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari kompas geologi tersebut. Diantaranya adalah :
  • Bull's eye level : Kalo dibahasa indonesiakan menjadi level mata sapi. Fungsinya digunakan dalam menentukan kedataran kompas geologi saat melakukan pengukuran strike dan trend.
  • Clinometer level : Fungsinya digunakan dalam menentukan kedataran kompas geologi saat melakukan pengukuran dip dan plunge.
  • Clinometer scale : skala yang digunakan saat melakukan pengukuran dip dan plunge.
  • Index pin : penunjuk 0 derajat pada kompas geologi. Bagian ini dapat diputar-putar sesuai kebutuhan, tetapi biasanya di arahkan ke arah Utara.
  • Small sight dan large sight : Fungsinya digunakan untuk melakukan penembakan menggunakan kompas geologi supaya yang kita bidik tepat lurus dengan kita.

Cara Mengukur dengan menggunakan Kompas Geologi

1. Mengukur Strike

Tempelkan sisi E (east), geser-geser, bersabarlah hingga gelembung udara dalam Bull's eye level masuk ke dalam lingkaran, jangan langsung diotak-atik, tapi tunggu dulu hingga jarum kompas stabil (nggak gerak), terakhir amati sudut yang ditunjuk arah Utara. Lalu tulislah sesuai petunjuk N __˚ E

2. Mendukur Dip

Tempelkan sisi W (west) badan kompas usahakan membentuk sudut 90˚ terhadap strike, Clinometer level diputar-putar sampai gelembung udara berada di antara garis dalam clinometer level ditengah-tengahnya, terakhir baca sudut dalam clinometer scale. 

3. Mengukur Plunge

Cara mengukurnya seperti mengukur Dip, namun karena kita mengukur struktur garis maka pakai bantuan buku, atau papan jalan untuk mempermudah, dengan jalan menempelkan sisi buku di struktur garis dan melakukan pengukuran di sisi buku yang lain. 

4. Mengukur Trend

Cara mengukurnya seperti mengukur Strike, namun karena kita mengukur struktur garis kan susah tuh, maka pakai bantuan buku, atau papan jalan untuk mempermudah, dengan jalan menempelkan sisi buku di struktur garis dan melakukan pengukuran di permukaan datar yang ada di buku atau papan jalan tersebut.

5. Mengukur Pitch

Cara mengukurnya jadi pertama buatlah garis strike di permukaan bidang, lalu langsung ukur derajat antara struktur garis dan strike menggunakan busur derajat. 

6. Digunakan untuk mentukan tempat kita terhadap suatu benda dan arah Utara
Untuk melakukan pengukuran dengan cara ini, kita harus menggunakan small sight, large sight dan cermin agar hasil pengkurannya maksimal. Skema pengukuran bisa dilihat digambar.
7. Digunakan untuk mentukan tempat kita terhadap dua buah benda atau lebih
Untuk melakukan pengukuran dengan cara ini, kita harus menggunakan small sight, large sight dan cermin agar hasil pengkurannya maksimal. Skema pengukuran bisa dilihat digambar.
  1. Hmm..mantap infonya Sob...bermanfaat buanget, thank's ya..salam

    BalasHapus
  2. Waduhhhhhh.... jujur, rumit banget. aku kurang paham :p

    BalasHapus
  3. pernah denger ni barang kang..cuma ga nyangka ya serumit ntu detailnya.. susah mengerti dah..maklum faktor U..wakakakkkk

    BalasHapus
  4. @Putri: sama2 put
    @Riksa+Bang Todi: memang rumit, saya juga penasaran pengen ngerti, gara2 kemarin paman saya dari bandung mampir ke tempat saya bawa kompas model begini :D

    BalasHapus
  5. wah beruguna banget ilmu nih kang ... CTRL + R deh buah referensi tapi jujur saya buta banget sama kompas

    BalasHapus
  6. aih...aih mas andy rumit amit...ngak ngudeng saia mah...

    BalasHapus
  7. bagaimana cara saya download / copy nya ya??mau buat tugas soalnya,

    BalasHapus