Cara Membuat Blog di Blogger atau Blogspot

Sekedar ingin corat-coret mengisi waktu luang dan kejenuhan setelah jam kerja selesai, saya share cara bikin blog aja deh, hehehe.. walaupun semua orang udah pada tau, tetep aja saya pengen banget posting tentang cara bikin blog, hehehe..

Proses pembuatan blog di blogger ini sangat mudah. Yang pertama kita lakukan adalah membuat akun google. Bagi yang sudah memilikinya maka tinggal dimanfaatkan saja. Pembuatan akun google ini sangat penting karena kita akan menggunakannya untuk berbagai keperluan selain membuat blog. Akun google ini nantinya juga akan kita gunakan untuk aplikasi google:

Email (gmail)
Membuat blog (blogger)
Memonitor perkembangan blog (Google Analytics).

Selain kebutuhan di atas, sebenarnya masih banyak tool-tool google lain yang sangat berguna seperti Google Webmaster dan Google Web site Optimizer. Tetapi untuk tahap awal ini kita hanya akan menggunakan tiga aplikasi google tersebut saja.
Silahkan buka http://www.gmail.com.
Buat Akun baru dengan mengklik "Create an Account", dan ikuti langkah pendaftaran seperti yang sudah biasa Anda lakukan untuk membuat email lain milik Anda.

Langkah kedua yang harus dilakukan untuk memulai membuat blog adalah dengan membuka alamat ini: www.blogger.com atau klik pada tulisan Blogger ini.

Selanjutnya klik pada Image seperti Gambar dibawah ini, dan kita akan menuju Form Pendaftaran yang harus di isi sesuai denan identitas kita.


Cara Mengisi Form Pendaftaran :

1. Email address : isilah dengan alamat email yang dimiliki, jika belum mempunyai email maka kita bisa membuatnya dulu di Gmail.
2. Enter a password : isi dengan password yang dikehendaki.
3. Retype password : ulangi password yang diisi tadi.
4. Display name : nama blog yang akan ditampilkan pada halaman blog kita.
5. Word Verification : isikan sesuai dengan huruf yang terlihat pada gambar.
6. Acceptance of Term : klik pada check box yang bertuliskan I accept the Terms of Service, dengan mengklik ini berarti kamu setuju untuk mematuhi semua aturan yang tertera pad Term of Service, apa saja peraturannya..? kita dapat membacanya dengan cara mengklik pada link tersebut.

Jika semua suda diisi, lalu klik Continue pada gambar panah seperti yang terlihat disini.

Jika semua berjalan lancar dan semua sudah diisi dengan benar, maka kita akan dibawa menuju Form Penamaan Blog untuk memberi nama blog kita seperti terlihat dibawah ini.

Penjelasan :

1. Blog title: ini merupakan judul dari Blog kamu nantinya, kamu dapat mengisinya sesuai dengan selera. Kamu juga bisa mengubahnya nanti bila dibutuhkan.

2. Blog adderss (URL): ini akan menjadi alamat dari Blog kamu nantinya, misalnya kamu isi dengan “blogku” maka alamat blog kamu nantinya menjadi: http://blogku.blogspot.com, klik pada link yang bertuliskan Check Avalability untuk memeriksa apakah alamat tersebut sudah ada yang menggunakan atau belum. jika menampilkan tulisan This blog address is available, berarti alamat tersebut bisa kamu gunakan. Jika menampilkan tulisan Sorry, this blog address is not available, berarti kamu harus menggantinya dan mencari nama lain untuk alamat blog kamu, isi dengan nama lain lalu klik lagi link Check Avalability untuk memeriksa.

3. Advance setup: kamu tidak perlu menghiraukan yang ini.

Memilih Template untuk Blog

Jika sudah menemukan alamat yang bisa digunakan, klik pada tanda panah yang bertuliskan COTINUE. Lalu kita akan dibawa menuju layar pemilihan Template. Apa itu Template ? yaitu design tampilan blog kita nantinya.

Kita dapat memilih sesuai dengan selera, kita juga dapat mengubahnya nanti bila dirasa perlu. Klik pada gambar panah yang betuliskan CONTINUE jika sudah menemukan Template yang cocok.


Dan proses pembuatan blog kita di Blogspot pun telah selesai, Blog yang baru dibuat ini sudah bisa kita digunakan. Kita bisa mulai mengisinya dengan Artikel atau biasa disebut juga Posting, terserah mau kita isi dengan Artikel tentang apa saja, bisa mengenai pribadi, kehidupan sehari-hari atau membahas topik-topik tertentu.

Untuk mulai membuat artikel klik pada tanda panah bertuliskan START POSTING.