Layanan Google Dashboard - Untuk Melindungi Privacy Kita


Google adalah perusahaan terbesar di dunia internet dan salah satu kekuatan besar dalam dunia bisnis. Aku rasa setiap kita akan browsing yang lebih dulu kita buka adalah Google, dan kalau kita akan mencari artikel atau berita pasti kita menggunakan jasa Google.
Tapi sadarkah kita bahwa setiap kali kita search dengan menggunakan Google, ia akan mencatat atau merekamnya, bukan hanya keyword pencarian tapi setiap link yang kita klik pun tercatat, semuanya bercampur membentuk satu profile habit kita semua.
Kalau kita menggunakan Google Chrome, setiap single letter yang kita ketik di address bar juga akan di simpan oleh Google, mereka selalu memeriksa dan beberapa persen data kita yang tidak penting akan dimusnahkan dan hanya beberapa persen saja yang akan disimpan, setelah itu, data yang dikumpulkan akan di Link atau di hubungkan dengan semua Google Services yang kita gunakan seperti Gmail dan YouTube.

Mengapa Google menyimpan semua data ini..?
Tujuannya mereka adalah untuk mem-buzz out kita semua dengan iklan-iklan yang sedang mereka kontrak dan pada saat yang sama menjadi income untuk mereka. namun kita jangan risau karena kita bisa take action data rahasia yang seharusnya kita lindungi. semua data yang Google miliki tentang kita bisa di lihat di Google Dashboard. di bawah ini step by step untuk menghentikan perekaman data yang terus Google lakukan kepada kita yang memiliki Account di Google Services:

Complete the following steps if you have a Google account (you may have an account without realizing it!):

1. Visit Google.com/dashboard
2. Sign in using the details of a Google account (such as iGoogle, Gmail or YouTube)
3. Dashboard lists all the Google services that store your data, from emails to search queries. Select the service you wish to view and edit.
4. Scroll down to “Web History” and click “Remove items or clear web history”. If you don’t find this service, it means you’re not activating Web History and your privacy is protected
5. To stop Google from collecting any more data and placing it into your account, you must first complete step 4 and then click the “Pause” link on the left of the page.